1. Daging Babi

Pencemaran oleh daging babi biasanya berupa pencampuran dalam bakso, siomay, bakmi goreng, sate jeroan. daging babi teksturnya empuk, serat halus, tersedia di pasaran, dengan harga sangat murah, rasanya lezat sebagai sumber protein hewani. Saat ini juga banyak daging babi yang dicampur dengan daging sapi dan dijual sebagai daging sapi. Daging babi biasanya di restaurant di sebut bacon dan ham. daging babi biasanya juga dibuat pasta hati unggas dan asam amino.

2. Tulang Babi

Penggunaan tulang babi yang biasanya beredar di pasaran adalah gelatin, arang tulang, dan bahan lem. Dari gelatin akan dihasilkan soft capsule obat, permen, jelly, puding, jam/selai, stabilizer, pelembut, marsmallow, emulsifier yang masuk kedalam makanan yoghurt, es krim dan mentega. Sedangkan arang tulang biasanya digunakan untuk filter air minum. Tulang juga biasanya dicampurkan untik menjadi kuah bakso dan kuah bakmi. dan kalsium yang dihasilkan dr tulang sudah masuk juga ke dalam susu dan pasta gigi. pada kerajinan tangan biasanya tulang babi sering dipakai untuk accesoris.

3. Bulu Babi

Penggunaan bulu babi adalah untuk dibuat kuas roti, kuas kosmetik, kuas cat tembok, dan kuas lukis, sistein/sistin, sikat gigi, jaket bulu.

4. Kotoran (feses) Babi

Kotoran babi dapat digunakan untuk pupuk. Hal ini sudah dilakukan di jepang untuk tanaman apel dan sayur-sayuran. Di Indonesia metode ini juga dilakukan didaerah Batu raden, wonosobo dan temanggung.

5. Lemak babi

lemak babi biasanya dapat diolah menjadi beberapa produk makanan, yaitu lemak babi (lard) emulsifier makanan, minyak, gliserin, campuran sosis/susu, penyedap, minyak babi, shortening yang digunakan untuk roti, biskuit, flavor.

  • Emulsifier Makanan

Pengemulsi digunakan untuk mengekalkan lemak yang tersebar didalam air atau titisan air yg tersebar didalam lemak. Makanan yang membutuhkan pengemulsi ini antara lain mayonaise, es krim, coklat, dan margarin. Tanpa bahan pengemulsi ini, maka akan muncul dua lapisan yang tidak saling menyatu dalam makanan tersebut. Bahan yang dijadikan pengemulsi adalah lesitin dan turunan lemak sepertidigliserida dan monogliserida. Sumber pengemulsi mungkin datang dari tumbuhan atau hewan. Biasanya pada hewan sumbernya adalah babi. Tapi bahan yang biasa digunakan sebagai emulsi adalah lesitin. Bahan ini biasanya berasal dari kuning telur atau kacang soya. Tetapi pengemulsi yang dibuat dari mono atau digliserida perlu dilihat lagi sumbernya.

  • Lard (Lemak babi)

Lard merupakan lemak yang diolah (rendering) dari lemak babi. Sumbernya dapat berasal dari seluruh bagian babi. Kualitas terbaik lard diperoleh dari lemak yang berada di sekitar ginjal. Sedangkan kualitas terendah berasal dari lemak yang berada di sekitar usus kecil. Sebagai bahan minyak makan, penggunaannya cukup luas dalam berbagai masakan. Karena titik lelehnya lebih tinggi dari mentega, maka penggunaan lard dalam penggunaan kulit pie dapat menghasilkan produk yang lebih renyah. Selain itu, lard juga digunakan dalam pembuatan jenis-jenis kue pastry agak tekstur dan flavor (rasa) yang dihasilkan meningkat. Penggunaan lainnya adalah sebagai salah satu bahan pembuatan sabun.

  • Minyak babi

Minyak babi biasanya digunakan untuk penyedap aneka masakan seperti bakmi dan aneka masakan seafood.

  • Gliserin

Penggunaan gliserin pada babi biasanya untuk pembuatan softdrink, sabun, dan facial-hand and body lotion.

6. Organ dalam babi

Penggunaan organ dalam babi antara lain sbb :

  • Transplantasi, misalnya transplantasi ginjal, jantung dan hati.
  • Penggunaan plasenta babi biasanya untuk kosmetika (hand & body lotion, facial lotion)
  • Adanya hasil berupa enzim seperti amilase, lipase, pepsin, dan pankreatinin yang digunakan untuk bahan tambahan pengolahan makanan
  • penggunaan usus babi biasanya digunakan untuk casing atau pembungkus sosis.
  • Pankreasnya dipakai untuk insulin
  • Empedunya dijadikan sumber Taurine, taurin atau asam 2-aminoethanesulfonik adalah asam organik yang merupakan kandungan utama empedu, dan dapat ditemukan dalam jumlah rendah di jaringan banyak binatang, termasuk manusia. Taurin adalah turunan dari asam amino yang mengandung belerang (sulfhidril), cystein.
  • Jeroan babi biasanya dipakai enzimnya untuk membuat media fermentasi. sedangkan enzim rennet biasanya dipakai untuk pembuatan kasein, keju, whey dan lakstose.
  • Paru-paru biasanya juga sering dipakai untuk irisan bakso

7. Darah

Bahan ini biasanya banyak digunakan dalam dunia medis, sebagai media fermentasi, dan pewarna pada sosis dll.

8. Kulit

Kulit biasanya dibuat untuk krecek, rambak, kollagen, dan disamak. Kulit yang disamak dijadikan jaket, tas, sepatu dan dompet. Kollagen biasanya sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik dan casing sosis. Dari bahan kulit biasanya juga sering dijadikan gelatin yang pemakaiannya sama dengan gelatin yang dihasilkan oleh tulang.

About these ads