Para orangtua kaum chinese biasanya punya kebiasaan nongkrong di kedai kopi. Sambil meminum secangkir kopi dan makan kue ala kadarnya mereka sering ngobrol ngalor ngidul tentang pengalaman masa lalu, tentang anak-anak mereka yang sudah sukes dan berhasil serta tentang kesibukan mereka mengisi hari tua mereka sekarang. Sejak zaman dahulu, di beberapa daerah kebiasaan ini juga sebetulnya tidak hanya dimiliki kaum minoritas chinese tapi banyak kaum rakyat jelata diberbagai belahan bumi di pelosok negri sering berbincang-bincang di kedai kopi. Sambil melepas lelah, entah dalam kondisi ingin sarapan pagi atau hanya sekedar menunggu istri yang berbelanja, kaum bapak-bapak biasanya singgah sebentar di kedai kopi untuk berisitirahat. Kenikmatan kopi yang disuguhkan dengan bincang-bincang masalah ekonomi, politik maupun sosial dari yang ringan hingga berat, jelas membuat suguhan kopi yang diminum di kedai kopi menjadi lebih nyaman ketimbang kopi yang dibikin oleh istri dirumah. Sedikit curahan hati di kedai kopi tidak menjadikan harga secangkir kopi menjadi sangat mahal, dan cukup terbayar karena uneg-uneg  dalam benak mereka yang sudah didengarkan oleh banyak orang.  Kepuasan semacam inilah yang kemudian membuat kedai kopi saat ini berkembang cukup pesat, tidak hanya di Indonesia, diluar negeri (amerika) kedai kopi starbucks sudah menjadi ikon trendy anak-anak muda untuk bergaul.

Trend inilah yang mulai juga merambah jakarta maupun kota-kota besar di Indonesia. di Batam beberapa kedai kopi mulai menunjukkan gigi, setiap hari di beberapa mall di batam banyak terlihat anak-anak muda (anak-anak gaul) yang asyik berbincang ria menikmati sajian kopi di kedai kopi modern ini. Aktivitas ini mengikuti pola kedai kopi tradisionil yang didominasi oleh orang-orang tua yang bisa menemukan kepuasan menikmati kopi merek-merek zaman lampau yang hanya disedu oleh air didihan oleh beberapa mbok/ibu-ibu penjaga kedai kopi. Namun sekarang ini racikan kopi lebih modern dan beberapa bahan tambahan makanan ditambahkan untuk menambah rasa lain yang lebih nikmat. Kopinya pun langsung berupa biji kopi yang belum digiling dan dibuat bubuk kopi digiling dengan alat penggiling modern diracik ditempat tersebut, biji kopi import yang hadir dengan berbagai macam tambahan rasa membuat anak-anak muda sekarang doyan nongkrong di kedai kopi, pun dengan fasilitas tambahan biasanya berupa kemudahan mendapatkan internet dan kenyamanan suasana dingin mall dan penjaga kedai yang muda dan manis. Kedai kopi modern ataw yang mengikuti zaman lebih dikenal dengan cafe saat ini pun menyajikan makanan-makanan yang tidak hanya berupa kue dan makanan ringan seperti kedai kopi tradisionil, namun makanan berat seperti nasi goreng, mie goreng, sea food, dan banyak makanan lainnya seperti sebuah rumah makan lengkap.

Kedai kopi tradisionil biasanya hanya menyajikan kue-kue tradisonil pula, seperti goreng pisang dan tempe goreng, sedikit sekali titik kritis dan titik rawan adanya penyajian bahan-bahan yang yang tidak halal disana, namun kedai kopi modern saat ini tentunya perlu kita wasdapai dan kita cermati, ada banyak bahan-bahan yang rawan tidak halal seperti es cream yang mungkin ditambahkan, krim, coklat, malah biasanya ditambahkan wine dan minuman keras lainnya. Apalagi ditambah dengan makanan-makanan berat yang belum jelas kehalalannya karena makanan sea food yang disajikan biasanya betul-betul menggunakan bumbu chinese yang masih menggunakan ang- ciu. Serta menu steak yang disajikan apakah sudah berasal dari daging yang halal atau belum. Bahkan kedai kopi juga saat ini tidak hanya diminati oleh anak-anak gaul, kaum menengah dewasa pun banyak berdatangan untuk makan siang ditempat tersebut, beberapa malah sering datang berombongan dengan seragam pegawai, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta.

Apakah trend makan di cafe kopi modern membuat orang lupa dengan kehalalan makanan yang disajikan ? mohon kita semua lebih kritisi dan waspada. Pemerintah Kota Batam tentunya lebih memperhatikan hal ini, karena banyaknya cafe yang bermunculan dan menawarkan fasilitas hot spot internet dengan mudah, tempat lobby beberapa proyek kerja yang representativ, membuat semua tujuan pemerintah batam dengan Batam Digital Islandnya, kota wisata kuliner dan kota bandar dunia madani tentunya seiring sejalan. Mudah-mudahan harapan yang ada akan sejalan dengan komitmen yang mendukung mayoritas muslim untuk tetap teguh dan kafah dengan ke-Islamannya. Amin..