Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Kepulauan Riau bertempat di Hotel Utama batam pada tanggal 4 Agustus 2008.

Berdasarkan Undang-undang no 8 tahun 1999, konsumen mempunyai hak untuk mengadu. yaitu ketika anda sebagai konsumen, menggunakan, memanfaatkan barang atau jasa, dan merasa dirugikan, maka anda dapat menyampaikan keluhan atau pengaduan pada pihak yang tepat. Konsumen dapat mengadu kepada Pelaku Usaha yang memproduksi barang atau jasa yang bermasalah, jika keluhannya diterima bisa jadi masalah akan diselesaikan dengan jalan damai, namun jika konsumen merasa kurang puas dan masalah yang terjadi tidak direspon oleh pelaku usaha, maka konsumen bisa mengadukan masalahnya ke LPKSM yaitu Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat. Konsumen juga bisa mengadukan kepada Pemerintah yaitu Dinas perindustrian dan perdagangan dan BPPOM, BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), Polisi dan Pengadilan.

Pelayanan pengaduan bisa melalui telepon, diantar langsung, melalui surat, kotak surat maupun melalui email. Berdasarkan undang-undang ini kita sebagai konsumen tentunya bisa menuntut hak kita untuk mendapatkan barang dan jasa yang lebih baik.

Hanya yang disayangkan kegiatan ini tidak diadakan di hotel yang restaurantnya sudah mendapatkan sertifikat halal. Padahal kalau memang niatnya sudah akan melindungi konsumen tentu langkahnya harus dimulai dari instansi yang berwenang.

Sebagai sebuah forum kami tentunya sangat menghargai niat baik dinas perindustrian dan perdagangan untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan ini, namun kebijakan ini mudah-mudahan bisa diikuti dengan langkah-langkah kongkrit terhadap perlindungan konsumen yang menyeluruh terutama terkait akan datangnya bulan ramadhan yang penuh rahmah. Dimana setiap orang akan mengeluarkan dana ekstra untuk mendapatkan tempat makan / berbuka yang enak,nyaman serta halal. Jangan sampai puasa satu hari penuh ternodai, dengan makanan pembuka yang belum jelas kehalalannya.