Dalam membeli Susu dan produk turunannya kita harus lebih berhati-hati, sebab pada beberapa produk turunan susu bisa jadi bahan dasar susu termasuk yang diimport dari cina yang telah diberitakan terkontaminasi melamin. Meskipun badan pom belum melarang beberapa produk, hanya menyegel untuk tidak diedarkan sebelum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Padahal menjelang lebaran, sebagian besar ibu-ibu yang tetap menggunakan produk turunan susu seperti mentega dan keju untuk pembuatan kue. Apalagi batam sebagai daerah perbatasan dimana banyak produk luar yang masuk tidak melalui pelabuhan resmi melainkan melewati pelabuhan tikus, sangat terbuka peluang produk ilegal yang mungkin saja merupakan produk susu dan produk turunannya berasal dari negeri cina (via singapura malaysia ataupun thailand). dan memang kebanyakan produk makanan yang ada di batam biasanya bertebaran produk-produk import dari negara tersebut dimana singapura dan malaysia kadang hanya sebagai pengimport. Seperti yang ditulis oleh forumhalal sebelumnya mengenai “parcel lebaran”, betul-betul merupakan hal yg sudah tidak bisa ditawar lagi. Produk Makanan Kadaluarsa, tidak halal dan saat ini produk yang terkontaminasi !, sudah harus jadi point penting.

Malaysia hari ini bahkan memperluas larangannya dengan menarik semua produk yang mengandung susu seperti permen, coklat dan makanan yang mengandung susu. Kementrian kesehatan Malaysia menyatakan belum memutuskan semua produk-produk yang terkena larangan.

Di Taiwan, toko-toko yang menjual kopi three in one merek Mr Brown, yang mengadung kopi, susu dan gula, telah dibersihkan dari produk tersebut.

Di Singapura, permen susu buatan Cina merek White Rabbit didapati mengandung sisa-sisa melamin dan ditarik, kata para pejabat di sana.

Susu adalah produk berupa cairan putih yang dihasilkan oleh hewan ternak mamalia yang diperoleh dengan cara pemerahan.

Produk olahan susu yaitu sbb :

1. Krim dan Susu Skim

Krim adalah bagian susu yang banyak mengandung lemak. Ada pula yang menyebutnya “kepala susu”. Sedangkan susu skim adalah sebagian susu yang banyak mengandung protein, sering pula disebut serum susu.

2. Susu Pasteurisasi

Susu pasteurisasi adalah susu yang telah mengalami proses pasteurisasi (proses pemanasan setiap komponen (partikel) dalam susu pada suhu 62 derajat C selama 30 menit atau pemanasan susu pada suhu 72 derajat C selama 15 detik

3. Susu Steril adalah susu yang juga menggunakan proses pemanasan untuk melakukan proses sterilisasinya. Akan tetapi pada proses pasteurisasi hanya bertujuan membunuh bakteri-bakteri patogen (penyebab penyakit) maka sterilisasi bertujuan membunuh semua bakteri.

4. Susu Kental

Susu kental diperoleh dengan cara mengurangi (menguapkan) kandungan air susu sampai kandungan airnya tinggal sekitar 40%. Dengan kadar air yang rendah ini susu dapat tahan disimpan lama dalam keadaan baik. Apabila akan diminum, susu kental harus diencerkan lagi dengan air panas atau air hangat.

5. Keju

Keju adalah protein susu yang dipadatkan. Dalam pembuatan keju, untuk memisahkan protein susu dikerjakan dengan penambahan asam laktat, asam khlorida atau dengan penambahan enzim prokteasemisalnya rennet, mucor renin, dan sebagainya. Keju dapat dibuat dari susu penuh atau susu krim. Bahan-bahan ini harus bebas dari benda-benda asing seperti debu, bulu dan butir-butir darah merah. Proses selanjutnya dalam pembuatan keju adalah pasteurisasi, pemadatan, pemisahan whey dan pengepakan.

6. Mentega

Mentega adalah suatu massa yang kompak berasal dari lemak susu yang dibuat dengan proses semacam pengadukan yang disebut “churning”. Komponen terbanyak dalam mentega adalah lemak, kemudian air dan garam. Dasar pembuatan mentega adalah mengubah kedudukan lemak susu yang semula berupa emulsi lemak dalam air menjadi emulsi air dalam lemak.

7. Es Krim

Es krim dibuat dari bahan-bahan utama yang terdiri atas lemak, susu, gula atau bahan pemanis, bahan padat bukan lemak, zat penstabil dan kuning telur. Proses utama dalam pembuatannya adalah pembekuan.

8. Yoghurt

Yoghurt adalah hasil pemeraman susu yang mempunyai cita rasa spesifik sebagai hasil fermentasi oleh bakteri-bakteri tertentu. Tahap-tahap pembuatan yoghurt adalah pemanasan, pendinginan dan pemeraman.

9. Serum Keju

Serum keju (whey) adalah hasil sisa pembuatan keju, masih mengandung protein susu, terutama protein albumin dan globulin. Serum keju masih dapat digunakan untuk minuman.

10. Susu Mentega

Susu mentega adalah serum dari pembuatan mentega. Biasanya yang diambil sebagai susu mentega adalah serum dari proses churning (pengadukan) yang pertama. Susu mentega juga digunakan sebagai mentega.

BERITA DARI CINA

Jumlah Korban Kontaminasi Susu di Cina Meningkat

Dipublikasi: Minggu 14 September 2008 02:47 WIB
Diperbaharui: Minggu 14 September 2008 05:10 WIB

Beijing – Jumlah bayi di Cina yang menderita batu ginjal akibat susu bubuk yang terkontaminasi telah meningkat menjadi sedikitnya 432. Satu bayi meninggal akibat batu ginjal itu. Susu bubuk itu berasal dari Chinese Sanlu Group, yang merupakan bagian dari perusahaan produk susu Selandia Baru, Fonterra. Pemerintah Cina telah memerintahkan Sanlu untuk menghentikan produksi susu. Sembilan belas orang telah ditangkap. Perusahaan itu mengakui telah menemukan melamin, yaitu bahan baku plastik, di dalam produk makanan bayi mereka. Pihak berwenang Cina menuduh perusahaan itu antara lain tidak memberitahukan apa-apa mengenai kontaminasi tersebut.

BERITA DARI INDONESIA.

Jakarta ( Berita ) : Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan pemerintah sementara melarang peredaran susu formula produksi Cina. “Saat ini Badan POM sedang memeriksa produk susu dari Cina yang dijual di sini, hasilnya akan diketahui dalam dua sampai tiga hari ini.

Peredaran sementara dilarang sampai pemeriksaan selesai,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan Lily S Sulistyowati mengutip pernyataan Menteri Kesehatan di Jakarta, Senin [22/09] malam.

Ia menjelaskan, saat ini hanya ada produk susu dari Cina yang mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yakni susu untuk orang dewasa dengan merek Guozhen.

Produk susu tersebut diproduksi Yantai New Era Health Industry Co. Ltd dan diimpor ke Indonesia oleh PT Chi Indonesia. Guna mengantisipasi kemungkinan masuknya produk susu dari Cina secara tidak sah, ia menambahkan, BPOM juga telah memantau peredaran produk susu dari Cina di dalam negeri sejak tanggal 18 September lalu.

“Balai-balai POM di daerah sudah diminta melakukan pemantauan,” kata Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib. Namun demikian, kata dia, hingga kini pihaknya belum menemukan produk susu impor dari Cina yang dipasarkan di dalam negeri.

Oleh karena itu Kepala BPOM juga mengimbau masyarakat agar membantu pemerintah dengan segera melapor ke pusat layanan pengaduan BPOM melalui nomor 021-4263333 bila menemukan produk susu impor dari Cina yang tidak memiliki nomor registrasi BPOM.

Lebih lanjut Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tidak mengonsumsi susu formula dan produk susu asal Cina agar terhindar dari dampak susu terkontaminasi melamine yang ditemukan beredar di negara itu beberapa waktu lalu. “Masyarakat mesti berhati-hati, apalagi ketika membeli susu formula untuk balita,” katanya.

Beberapa waktu lalu, susu formula terkontaminasi melamine bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastic ditemukan beredar di Cina serta mengakibatkan ribuan bayi sakit dan beberapa diantaranya meninggal dunia.

Pemerintah negara itu kemudian melakukan inspeksi dan pemeriksaan terhadap produk susu yang beredar di pasaran serta memusnahkan lebih dari 10 ribu ton produk susu yang terbukti terkontaminasi melamine. Akibat kejadian itu, pemerintah Malaysia melarang peredaran susu dan produk susu asal Cina sebagai tindakan pengamanan.

Singapura pun menghentikan impor susu produksi Cina setelah melakukan pemeriksaan terhadap produk susu Cina dan menemukan kontaminasi melamine pada beberapa sampel yang diperiksa.