Mulailah membiasakan diri membaca komposisi bahan yang tertera di balik kemasan.

Jangan mudah tergiur dengan produk makanan yang ditawarkan dengan harga murah. Bisa jadi produk itu terbuat dari bahan yang tak alami dan buruk untuk kesehatan.

Sebab itu mulailah membiasakan diri membaca komposisi bahan yang biasanya tertera di balik kemasan. Ada beberapa bahan yang kurang baik untuk kesehatan dan sebaiknya dihindari.

1. Gula Kristal Rafinasi (Refined Sugar)
Kandungan gula dalam makanan kemasan dapat meningkatkan kadar gula darah, menurunkan sistem kekebalan tubuh, juga memicu kegemukan. Jenis gula ini pun tak memiliki kandungan mineral dan vitamin yang menguntungkan.

Maka itu, carilah makanan kemasan dengan kandungan gula alami (dari buah atau madu). Anda juga bisa menjadikan gula palem atau gula merah sebagai salah satu pilihan konsumsi gula sehat.

2. Zat Pemutih (Bleached White Flour)
Proses pemutihan produk biji-bijian atau tepung biasanya akan menghilangkan sejumlah nutrisi dan serat produk makanan terkait. Jadi pilih produk biji-bijian atau tepung yang tak diproses dengan zat pemutih.

3. Minyak Nabati Cair (Hydrogenated Soybean Oil)
Minyak jenis ini memang memiliki titik leleh tinggi sehingga mempercepat proses memasak. Namun, minyak jenis ini cenderung menghasilkan lemak trans penyebab kolestrol. Efek selanjutnya memicu penyakit jantung dan kanker.

4. High Fructose Corn Syrup
Bahan ini sejenis pemanis buatan yang diproses dari substrat pati jagung. Rasa manis yang dihasilkan jauh melebihi rasa manis gula alami. Konsumsi berlebihan dapat memicu diabetes. Lagipula tak ada kandungan nutrisi dan kalori dari bahan ini.

5. Aspartame/ Saccharin/ Sucralose/ Phenylalkaline
Pemanis buatan ini sangat buruk untuk kesehatan sebab terbuat bukan dari bahan alami. Banyak mengonsumsi pemanis buatan berakibat buruk pada sistem pencernaan dan metabolisme. Jangka panjang, unsur zat kimia pembuatnya juga memicu penyakit kanker.

Iklan