restoran Hotel dan restaurant makan harus ada sertifikasi halal

Batam Center (HK) – Dinas pariwisata kota batam dan Majelis Ulama Indonesia Kepulauan Riau sepakat mengeluarkan sertifikat halal kepada hotel dan restorant di kota batam. Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu yang datang.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Yusfa Hendri yang ditemui beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, pemberian sertifikat halal kepada hotel dan restorant merupakan kebijakan yang sangat penting. itu karena kota batam dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner.

“Ini kebijakan yang sangat penting saya mengharapkan kepada pengusaha hotel dan restoran, agar memberikan tanda halal dan tidak halalnya setiap makanan yang disajikan nya, ” kata dia.

Yusfa menambahkan untuk kepentingan ini pihaknya sudah merancang kerjasama sertifikat untuk produk halal. Untuk itu, ia mengimbau pengusaha hotel dan restoran agar secepatnya mengurus sertifikat halal ini. Kami tidak melarang pengusaha yang menjual makanan non halal, tetapi ini harus dipisah, agar makanan halal tidak bercampur dengan makanan non halal, paparnya. Yuspa mengakui, pada dasarnya pembuatan sertifikat halal ini tidaklah memberatkan pengusaha. Tetapi pentingnya sertifikat halal ini, bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari malaysia dan arab.

“Batam memang banyak dikunjungi oleh wisatawan malaysia dan arab. Kebanyakan dari mereka, mempertanyakan kehalalan dari masakan di hotel dan maupun restoran di batam pungkasnya’.

berita ini dicuplik dari harian HALUAN KEPRI 4 februari 2013, yang ditulis oleh tengku bayu. wartawan liputan batam

Terkait berita ini wakil direktur LP POM MUI Kepri Bpk Khairudin Nasution juga mengatakan kerjasama ini sudah sejak lama digalang oleh LP POM dengan berbagai instansi maupun dengan pemerintah di wilayah kepulauan riau, kerjasama juga sudah dilakukan dengan bupati bintan, disperindag disperindag se kepri maupun kemenag wilayah, dari 14 restoran hotel yang sudah bersertifikat halal juga sudah ada 6 restoran hotel yang mengikuti pelatihan SJH yang dilakukan di batam pada tanggal 12 13 januari 2013 lalu, yaitu restoran hotel panorama regency, restoran hotel PIH, restoran hotel bintan agro, restoran hotel golden view, restoran hotel pacific, dan restoran hotel mercure. Pelatihan sendiri bertujuan utk memberikan bekal kepada karyawan utk melaksanakan sistem jaminan halal serta pengawasan di perusahaan nya. Pelatihan ini direncanakan akan dilaksanakan lagi pada bulan februari 2013 pada tanggal 23/24 februari 2013 mendatang.